Selasa, 20 November 2018

7 Pepatah Penguat Kesabaran

Penguat Kesabaran
Dalam menjalani kehidupan ini, baik sebagai seorang individu, anggota keluarga, anggota atau bagian dari suatu komunitas masyarakat pastilah menghadapi yang namanya masalah. Dalam menghadapi masalah tersebut, terkadang membutuhkan kesabaran. Bahkan kesabaran yang sangat besar. Kesabaran yang bisa menguras air mata.

Karena beratnya masalah, terkadang kedua kaki ini membutuhkan sandaran agar mampu bertahan dari beratnya cobaan dan masalah. Disamping bersandar dan meminta pertolongan kepada Dzat yang maha kuat, Allah SWT, kita juga perlu mendapatkan motivasi dan dorongan dari orang lain. Motivasi dan dorongan bisa kita dapatkan dari orang yang masih hidup di tengah-tengah kita. Bisa juga dari orang-orang yang sudah mendahului kita. Melalui pepatah-pepatah dan nasehat mereka misalnya.

Berikut ini adalah pepatah-pepatah Arab atau mahfudzot yang bisa kita jadikan motivasi dalam menghadapi masalah yang membutuhkan kesabaran yang sangat kuat.

1. Man Shobaro dzofiro

مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ
Barang yang siapa bersabar, maka beruntunglah ia.

Pepatah ini akan membuat kita lebih bersabar, bagaimanapun beratnya ujian karena buah dari kesabaran adalah keberuntungan

2. Wamaa al-ladzdzatu Illa ba'datta'abi

وَمَا اللَّذَّةُ إِلاَّ بَعْدَ التَّعَبِ
Tiada kenikmatan kecuali setelah kepayahan.

Ujian kesabaran yang membuat kita payah akan menjadikan akhir dari perjuangan menjadi indah. Semakin payah semakin indah.

3. Idzaa Shodaqol azmu wadhohassabiilu

إِذَا صَدَقَ العَزْمُ وَضَحَ السَّبِيلُ
Jika benar kemauannya niscaya terbukalah jalannya.

Kemauan yang dilandasi kebenaran akan membuka jalan. Sesulit apapun masalah yang dihadapi.

4. Daawuul ghodoba bishshumti

دَاوُوْا الغَضَبَ بِالصُّمْتِ
Obatilah kemarahan itu dengan diam.

Adakalanya ujian kesabaran membuat kita marah dan naik pitam. Jika ini terjadi maka diamlah, karena diam adalah salah satu obatnya marah. Karena membiarkan kemarahan bisa menyebabkan kita menjadi gila sebagaimana dinyatakan dalam pepatah berikut ini:

5. Awwalul ghodhobi junuunun wa aakhiruhu nadamun

أَوَّلُ الغَضَبِ جُنُوْنٌ وَآخِرُهُ نَدَمٌ
Permulaan marah itu adalah kegilaan dan akhirnya adalah penyesalan.

6. Alhasuudu laa yasuudu

الحَسُوْدُ لاَ يَسُوْدُ
Orang yang pendengki itu tidak akan menjadi mulia.

Pihak yang menguji kesabaran kita, yang mendatangkan masalah dalam kehidupan kita adalah dari kalangan para pendengki. Yakinlah, para pendengki itu tidak akan pernah bisa menjadi mulia.

7. Ilahii lastu lil firdausi ahlan, walaa aqwaa 'alaanaaril jahiimi

إِلَهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً وَلاَ أَقْوَى عَلَى النَّارِ الجَحِيْمِ
Wahai Tuhanku ! Aku tak pantas di surga-Mu, tapi aku tak kuat di neraka-Mu.

Ini salah satu pepatah yang sangat terkenal. Nasehat ini akan sangat berharga mana kala seluruh dunia seakan bersekutu melakukan kedzaliman atas diri kita. Seakan tidak ada yang mampu membela atas kezaliman yang ditimpakan kepada kita. Para pendengki seakan-akan mendatangkan azab kepada kita, orang-orang yang berikhtiar berpegang dan memperjuangkan kebenaran. Saat seperti itulah nasehat agung ini bisa kita jadikan acuan. Bahwa adzab Allah sangat pedih, melibihi adzab siapapu. Masalah terbesar seorang hamba adalah manakala mendapat siksa neraka yang sangat pedih.

Bersabarlah... Bersabarlah... Bersabarlah dan raihlah kebahagiaan.

Mabsus AF

Artikel ini pernah dimuat di:
https://www.plukme.com/post/7-pepatah-penguat-kesabaran-5bece4cf9847f



Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar