Rabu, 04 Juli 2018

8 Fungsi Keluarga

Keluarga bisa diibaratkan seperti ponsel yang memiliki berbagai macam fungsi. jika kita lihat dan perhatikan sebuah ponsel maka ia memiliki beberapa fungsi. Fungsi berkirim pesan singkat, fungsi memanggil, Fungsi Videocall, fungsi internet, fungsi berkirim gambar, fungsi video atau fungsi-fungsi lainnya. Apalah jadinya jika memiliki ponsel namun tidak bisa SMS, tidak bisa untuk telpon, internet dan tidak bisa menjalankan fungsi-fungsi lainnya. Semakin banyak fungsi yang tidak berjalan, semakin tidak normal ponsel tersebut. Akhirnya ketika hampir semua fungsi ponsel tidak berjalan, maka ponsel tersebut layak terkategori ponsel rusak!


Pun demikian halnya dengan keluarga. Keluarga memiliki berbagai macam fungsi. Jika banyak dari fungsi keluarga yang tidak berfungsi maka keluarga tersebut bisa hancur atau dikenal dengan istilah "Broken Home". Mengetahui fungsi-fungsi keluarga merupakan salah satu kunci kebahagiaan keluarga yang akan menghantarkan kepada tujuan berkeluarga yaitu diantaranya mewujudkan keluarga sakinah ma waddah wa rahmah.

Berikut ini adalah beberapa fungsi fungsi keluarga yang disampaikan oleh pakar pendidikan. Dr. Helmawati dalam bukunya Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016), Cet. Ke-2, h.44 menyampaikan bahwa keluarga memiliki delapan fungsi keluarga. kedelapan fungsi tersebut adalah:
  1. Fungsi Agama. Fungsi agama dilaksanakan melalui penanaman nilai-nilai keyakinan berupa iman dan takwa. Penanaman keimanan dan takwa mengajarkan kepada anggota keluarga untuk selalu menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa dan menjauhi larangan-Nya.
  2. Fungsi Biologis. Fungsi pemenuhan kebutuhan agar keberlangsungan hidupnya tetap terjaga termasuk secara fisik.
  3. Fungsi Ekonomi. Fungsi ini berhubungan dengan bagaimana pengaturan penghasilan yang diperoleh untuk memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga.
  4. Fungsi Kasih Sayang. Fungsi ini menyatakan bagaimana setiap anggota keluarga harus menyayangi satu sama lain.
  5. Fungsi perlindungan. Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan perlindungan dari anggota lainnya.
  6. Fungsi Pendidikan. Keluarga merupakan tempat pertama dan utama dalam pendidikannya.
  7. Fungsi sosialisasi anak. Selain sebagai makhluk individu, manusia juga merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Dalam keluarga, anak pertama kali hidup bersosialiasi. dan
  8. Fungsi Rekreasi. Rekreasi merupakan salah satu hiburan yang baik bagi jiwa dan pikiran. Rekreasi dapat menyegarkan pikiran, menenangkan jiwa, dan lebih mengakrabkan tali kekeluargaan.
Semoga fungsi-fungsi keluarga kita bisa berjalan sebagaimana mestinya. Terima kasih sudah membaca. Terima kasih juga bagi yang berkenan untuk mengikuti kami dan berkomentar. Nantikan tulisan kami berikutnya.

Salam hangat untuk ucers semuanya.
Mabsus Abu Fatih

Sumber  : http://tz.ucweb.com/7_2rbJm
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar