Sudah Sakinahkah Keluarga Anda - Sakinah

Meneladani Rasulullah, Wujudkan Keluarga Sakinah

Hosting Unlimited Indonesia

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 06 Desember 2017

Sudah Sakinahkah Keluarga Anda

Keluarga sakinah
Keluarga sakinah adalah dambaan setiap muslim. Tidak ada satu keluarga pun yang tidak ingin menyandang predikat sakinah ini. Namun, seperti apakah keluarga sakinah itu? Dan sudahkah keluarga kita menjadi keluarga sakinah? Tentu jawabannya akan sangat beragam dan luas. Tulisan singkat ini semoga bisa menjadi alternatif jawabannya.

Salah satu ayat yang berbicara tentang keluarga sakinah adalah QS. Ar-Rum : 21.

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ ﴿٢١﴾

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

Berkaitan dengan ayat ini, Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani rahimahullah dalam an-Nidzoom al-ijtimaa'iy fit al-Islam bab Kehidupan Suami Istri menyampaikan, "As-Sakn maknanya adalah al-ithmi'nan (ketentraman atau kedamaian). Dalam konteks ini artinya, supaya pernikahan itu menjadikan seorang suami merasa tenteram dan damai di sisi isterinya, begitu pula sebaliknya, seorang isteri akan merasa tenteram dan damai di sisi suaminya. Mereka akan saling cenderung satu kepada yang lain, jadi bukannya saling menjauh"

Keterangan  Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani Rahimahullah tersebut tidak berbeda dengan definisi sakinah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sakinah adalah kedamaian; ketentraman; ketenangan; kebahagiaan.

Dari penjelasan tersebut nampak terang bahwa keluarga sakinah adalah keluarga yang diliputi ketentraman dan kedamaian. Istri merasa betah berada di sisi suami. Pun sebaliknya suami merasa damai, tentram dan betah di samping istrinya.

Jika suami merasa betah berada  di sisi istri atau pun juga sebaliknya, maka berbahagialah, karena salah satu ciri keluarga sakinah sudah anda miliki. Namun jika istri merasa betah justru saat suami tidak ada di rumah, karena hadirnya menghadirkan nestapa. Atau, suami merasa betah dan tenang justru saat istri tidak ada di rumah, karena hadirnya istri justru menimbulkan masalah, maka jika kondisinya seperti ini, ada yang perlu dibenahi dari keluarga anda.

Semoga hadirnya sakinah.web.id bisa bermanfaat untuk keluarga penulis dalam mewujudkan keluarga sakinah. Semoga juga bisa memberikan manfaat untuk pembaca sekalian.

Jangan lupa bagikan tulisan ini untuk meluaskan manfaatnya.

Mabsus Abu Fatih

Website : http://www.sakinah.web.i
IG / FP : @sakinah.web.id

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here